Rabu, 12 November 2014

Apa itu Fresh Graduate ?


Hai sobat sekalian, gimana dengan hari Anda? Baik-baik sajakah?

Apakah kalian tahu apa itu fresh graduate?


Fresh Graduate itu adalah istilah yang sering digunakan pada seorang yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja = Fresh. Lulus dapat berarti lulus sekolah maupun lulus dari kuliah, yang sebelumnya belum pernah bekerja.

Saya sendiri adalah mahasiswa yang juga sambilan bekerja, tentu pernah merasakan rasanya saat pertama kali memasuki dunia kerja. Seorang fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja akan merasakan kebingunan dengan banyak hal, terlebih di hari pertama dan kedua masa kerja. Dikarenakan masih belum terbiasa dengan lingkungan baru dan sistem kerja perusahaan tersebut. Itu adalah masalah yang umum yang sering terjadi pada setiap karyawan baru.

Dalam dunia kerja, setiap instansi perusahaan pasti ada penerapan sistem, aturan, dan prosedur kerja yang harus ditaati. Apabila kita lalai dalam melaksanakan tugas yang diberikan, ada konsekuensi yang harus ditanggung. Kadang kala dalam pekerjaan, Anda akan dihadapi dengan situasi kerja yang bisa membuat anda stress, terlebih Anda sebagai fresh graduate yang baru saja terjun dalam dunia kerja dengan kurangnya pemahaman tentang cara kerja dalam perusahaan tersebut.


Ada berbagai macam situasi yang dapat menimbulkan stress para karyawan baru, di mana pada saat Anda dihadapi dengan berbagai tugas sekaligus yang diberikan beserta dengan deadline-nya yang semakin dekat, atau kesalahan yang tidak disengajai kemudian menimbulkan kesan yang buruk di hadapan atasan maupun kostumer Anda, ataupun tugas yang diberikan tidak Anda pahami, sehingga akan kesulitan dalam mengerjakannya. 
Anda pasti akan kewalahan dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut.

Akan tetapi jangan khawatir, karena seiiring berlalunya waktu, kegiatan-kegiatan yang menjadi rutinitas keseharian Anda akan menjadi sebuah kebiasaan. Sehingga perlahan-lahan Anda akan bisa menyesuaikan diri dengan berbagai kondisi yang terjadi. Namanya kerja pasti yang kita incar adalah pengalaman yang bisa didapatkan, disamping mengincar pendapatannya.

Maka dari itu, saudara-saudari sekalian yang masih fresh graduate, jangan terlalu khawatir tentang masalah hari pertama kerja. Bekerjalah dengan sepenuh hati dan perhatikan lingkungan sekitarmu seperti bagaimana cara rekan kerja Anda bekerja menanggapi segala situasi yang terjadi, ikuti dan belajarlah dari sana :D

14 komentar:

  1. Permisi ka, ada dapusnya ga? Terima kasih

    BalasHapus
  2. Permisi ka, ada dapusnya ga? Terima kasih

    BalasHapus
  3. mau nanya dong. lulusan SMA itu tetep di sebut Fresh Graduate ??? jawab ya kk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya iya, karena yg rata rata baru terjun dalam dunia kerja itu disebut fresh graduate walaupun dia tamat sekolah atau kuliah.

      Hapus
  4. hal pertama di perhatikan ya contoh daftar riwayat hidup nya soalnya itu portal awal gimana perusahaan ngeliat freshgraduate. IMHO CMIIW

    BalasHapus
  5. Saya seorng fresh graduate dan saya punya pengalaman sedikit apakah saaya berhasill

    BalasHapus
  6. Apakh saya fresh graduate ? Pernah pnglmn kerja jga

    BalasHapus
  7. Apakah lulusan smk dikatakan fresh graduate juga?

    BalasHapus
  8. Lulusan sma universitas sama di katakan fresh graduate,tapi klo misalkan klian melamar di perusahaan yg sama gaji fresh graduate lulusan S1 akan lebih tinggi

    BalasHapus
  9. Ingin kuliah sambil kerja,tempatnya di mana yaaa?

    BalasHapus
  10. Apakah bisa dikatakan fresh graduate kalo bekum yudisium tapi sdh ada skl?

    BalasHapus
  11. Krja brpa lama shingga tdk dblg fresh graduate

    BalasHapus
  12. Misal kita udah tamat 2 tahun dari sma masih disebut fresh graduate? Bantu jawab dong

    BalasHapus